Mesin V12 adalah sebutan bagi mesin mobil bentuk V yang memiliki 12 silinder yang terbagi ke dalam dua bagian/sisi, masing-masing berisi 6 silinder. Salah satu ujung dudukan silinder pada dua sisi tersebut biasanya membentuk huruf V dengan sudut 60-derajat. Mesin V12 ini pada awalnya sebenarnya dipergunakan untuk penggerak pesawat terbang, khususnya pesawat tempur, seperti yang diproduksi oleh perusahaan Renault dan Sunbeam.
Untuk kendaraan darat mesin V12 relatif jarang digunakan karena biaya pembuatannya yang mahal. Mobil-mobil yang menggunakan mesin V12 digolongkan sebagai mobil mewah. Setelah Perang Dunia II berakhir mesin V12 mulai marak diterapkan untuk mobil-mobil mewah buatan Packard, Daimler, Hispano-Suiza, Cadillac, Auburn, Lincoln, dan Rolls-Royce.
Aston Martin adalah salah satu pabrikan automotif Britania Raya yang ikut menggunakan mesin V12 pada era modern ini untuk sejumlah model yang dipasarkannya. Menurut data yang diperoleh dari situs resmi Aston Martin, secara umum mesin V12 digunakan untuk model-model di bawah ini.
Aston Martin V12 One 77
Power maksimal 559 kW
Torsi maksimal 750 NM
Akselerasi 0-100 km/jam di bawah 3,7 detik
Kecepatan maksimal 354 km/jam
Rasio kompresi 10,9 : 1
Aston Martin V12 Zagato
Power maksimal 380 kW @ 6500 RPM
Torsi maksimal 570 NM @ 5750 RPM
Akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,2 detik
Kecepatan maksimal 305 km/jam
Rasio kompresi 10,9 : 1
Aston Martin V12 Vanquish
Power maksimal 573 PS @ 6750 RPM
Torsi maksimal 620 NM @ 5500 RPM
Akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,1 detik
Kecepatan maksimal 295 km/jam
Rasio kompresi 11,0 : 1
Aston Martin V12 DBS Coupe & Volante
Power maksimal 380 kW @ 6500 RPM
Torsi maksimal 570 NM @ 5750 RPM
Akselerasi (manual) 0-100 dalam waktu 4,3 detik
Kecepatan maksimal (dibatasi oleh touchtronic 2) 295 km/jam
Rasio kompresi 10,9 : 1
Aston Martin V12 Rapide
Power maksimal 350 kW @ 6000 RPM
Torsi maksimal 600 NM @ 5000 RPM
Akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 5,2 detik
Kecepatan maksimal 295 km/jam
Rasio kompresi 10,9 : 1
Aston Martin V12 Virage Coupe
Power maksimal 365 kW @ 6500 RPM
Torsi maksimal 570 NM @ 5750 NM
Akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,6 detik
Kecepatan maksimal 295 km/jam
Rasio kompresi 10,97 : 1
Aston Martin V12 Virage Volante
Power Maksimal 365 kW @ 6500 RPM
Torsi maksimal 570 NM @ 5750 RPM
Akselerasi 0-62 km/jam dalam 4,6 detik
Kecepatan maksimal 295 km/jam
Rasio kompresi 10,97 : 1
Aston Martin V12 DB9 Coupe
Power Maksimal 350 kW @ 6000 RPM
Torsi maksimal 600 NM @ 5000 RPM
Akselerasi 0-62 km/jam dalam 4,8 detik
Kecepatan maksimal 300 km/jam
Rasio kompresi 10,9 : 1
Aston Martin V12 Vantage Coupe & Volante
Power Maksimal 380 kW @ 6500 RPM
Torsi maksimal 570 NM @ 5750 RPM
Akselerasi 0-62 km/jam dalam 4,2 detik
Kecepatan maksimal 305 km/jam
Rasio kompresi 10,9 : 1
Aston Martin V12 Vantage Roadster
Power Maksimal 365 kW @ 6500 RPM
Torsi maksimal 570 NM @ 5750 RPM
Akselerasi 0-62 km/jam dalam 4,6 detik
Kecepatan maksimal 295 km/jam
Rasio kompresi 10,97 : 1
Untuk kendaraan darat mesin V12 relatif jarang digunakan karena biaya pembuatannya yang mahal. Mobil-mobil yang menggunakan mesin V12 digolongkan sebagai mobil mewah. Setelah Perang Dunia II berakhir mesin V12 mulai marak diterapkan untuk mobil-mobil mewah buatan Packard, Daimler, Hispano-Suiza, Cadillac, Auburn, Lincoln, dan Rolls-Royce.
Aston Martin adalah salah satu pabrikan automotif Britania Raya yang ikut menggunakan mesin V12 pada era modern ini untuk sejumlah model yang dipasarkannya. Menurut data yang diperoleh dari situs resmi Aston Martin, secara umum mesin V12 digunakan untuk model-model di bawah ini.
![]() |
astonmartin.com |
Aston Martin V12 One 77
Power maksimal 559 kW
Torsi maksimal 750 NM
Akselerasi 0-100 km/jam di bawah 3,7 detik
Kecepatan maksimal 354 km/jam
Rasio kompresi 10,9 : 1
![]() |
astonmartin.com |
Aston Martin V12 Zagato
Power maksimal 380 kW @ 6500 RPM
Torsi maksimal 570 NM @ 5750 RPM
Akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,2 detik
Kecepatan maksimal 305 km/jam
Rasio kompresi 10,9 : 1
![]() |
astonmartin.com |
Power maksimal 573 PS @ 6750 RPM
Torsi maksimal 620 NM @ 5500 RPM
Akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,1 detik
Kecepatan maksimal 295 km/jam
Rasio kompresi 11,0 : 1
![]() |
astonmartin.com |
Power maksimal 380 kW @ 6500 RPM
Torsi maksimal 570 NM @ 5750 RPM
Akselerasi (manual) 0-100 dalam waktu 4,3 detik
Kecepatan maksimal (dibatasi oleh touchtronic 2) 295 km/jam
Rasio kompresi 10,9 : 1
![]() |
astonmartin.com |
Power maksimal 350 kW @ 6000 RPM
Torsi maksimal 600 NM @ 5000 RPM
Akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 5,2 detik
Kecepatan maksimal 295 km/jam
Rasio kompresi 10,9 : 1
![]() |
astonmartin.com |
Power maksimal 365 kW @ 6500 RPM
Torsi maksimal 570 NM @ 5750 NM
Akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,6 detik
Kecepatan maksimal 295 km/jam
Rasio kompresi 10,97 : 1
![]() |
astonmartin.com |
Power Maksimal 365 kW @ 6500 RPM
Torsi maksimal 570 NM @ 5750 RPM
Akselerasi 0-62 km/jam dalam 4,6 detik
Kecepatan maksimal 295 km/jam
Rasio kompresi 10,97 : 1
![]() |
astonmartin.com |
Power Maksimal 350 kW @ 6000 RPM
Torsi maksimal 600 NM @ 5000 RPM
Akselerasi 0-62 km/jam dalam 4,8 detik
Kecepatan maksimal 300 km/jam
Rasio kompresi 10,9 : 1
![]() |
astonmartin.com |
Power Maksimal 380 kW @ 6500 RPM
Torsi maksimal 570 NM @ 5750 RPM
Akselerasi 0-62 km/jam dalam 4,2 detik
Kecepatan maksimal 305 km/jam
Rasio kompresi 10,9 : 1
![]() |
astonmartin.com |
Power Maksimal 365 kW @ 6500 RPM
Torsi maksimal 570 NM @ 5750 RPM
Akselerasi 0-62 km/jam dalam 4,6 detik
Kecepatan maksimal 295 km/jam
Rasio kompresi 10,97 : 1